Rekomendasi Buku Tentang Bisnis yang Bagus dan Cocok untuk Pemula

Untuk sebagian orang yang tidak suka bekerja menjadi karyawan di kantoran, membuka usaha merupakan salah satu pilihan yang terbaik. Tentunya, jika kita ingin membuka usaha diperlukan perencanaan yang baik dan kerja keras. Perencanaan yang baik tentunya harus didasarkan pada sebuah ilmu, baik teori maupun praktik. Orang yang sukses menjalankan usaha pastinya tidak pernah berhenti dan terus belajar mendalami ilmu, salah satunya dengan membaca rekomendasi buku tentang bisnis yang bagus.

Mempelajari ilmu tentang bisnis tentunya dapat memperluas wawasan dan menambah pandangan kita akan bm isnis yang ingin kita tekuni. Ilmu bisnis bisa kita pelajari dari berbagai sumber, seperti dari pelaku usaha, dosen, dan buku. Saat ini, sudah banyak rekomendasi buku tentang bisnis yang bagus dan cocok untuk pemula karena ditulis berdasarkan pengalaman yang nyata.

Manfaat membaca buku tentang bisnis

Sebagai jendela dunia, buku menyimpan banyak manfaat untuk pembacanya. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan diantaranya :

Belajar pengalaman orang lain

Pengalaman adalah guru terbaik. Dengan membaca buku tentang bisnis, kamu bisa mempelajari pengalaman orang lain. Pastinya hal ini sangat berharga karena dapat memberikan gambaran nyatanya baik tentang pengalaman yang manis maupun yang pahit.

Membuka peluang baru

Dengan membaca banyak buku dari berbagai penulis, wawasan yang kamu dapatkan tentunya semakin banyak. Kamu juga pasti akan mendapatkan banyak perbedaan antara penulis satu dengan yang lainnya. Semakin dalam ilmu bisnis yang kamu pelajari, maka kamu semakin paham akan hal mana yang sesuai dengan pemikiran kamu yang nantinya bisa menjadi pandangan baru.

Mengasah kreativitas

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, membaca buku tentang bisnis dapat memberikan kamu pandangan yang baru tentang cara melihat sesuatu. Pandangan tersebut dapat membantumu untuk menemukan inspirasi yang nantinya bisa kamu terapkan pada bisnis yang ingin kamu jalankan berupa ide kreatif dan inovasi 

Membantu dalam pengambilan keputusan

Manfaat selanjutnya dari membaca buku adalah dapat membantu kamu dalam pengambilan keputusan. Hal ini berasal dari hasil mempelajari pengetahuan yang didapatkan dari tulisan pelaku usaha yang kamu baca. Apalagi sebagai pemula tentunya kamu akan menemukan keraguan pada perjalananmu membuka usaha. Berbagai macam pengalaman dan pengetahuan yang kamu baca inilah yang nantinya bisa meyakinkanmu untuk mengambil keputusan. 

Rekomendasi Buku Tentang Bisnis yang Bagus

Jika kamu tertarik untuk mempelajari bisnis lebih dalam baik untuk sekedar pengetahuan maupun praktik, ada banyak hal yang dapat kamu jadikan guru dan media belajar. Media belajar yang mudah kamu dapatkan dan dengan harga yang terjangkau salah satunya adalah buku. Berikut ini rekomendasi buku tentang bisnis yang bagus yang dapat kamu pelajari sebagai bekal dalam menjalankan bisnis :

Start with Why

Rekomendasi buku tentang bisnis yang bagus : Start wIth Why

Buku yang ditulis oleh Simon SInek ini salah satunya membahas tentang jiwa kepemimpinan. Sebuah bisnis bisa tumbuh dan berkembang dengan baik hingga akhirnya menjadi sebuah perusahaan yang besar salah satunya dipengaruhi oleh jiwa kepemimpinan yang baik dan membawa pengaruh positif pada semua aspek perusahaan. Pada buku ini dibahas bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik. Penulis menuturkan bahwa banyak pemimpin perusahaan yang sukses merupakan seseorang yang mengejar passionnya dan benar-benar mengetahui alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Adanya kesadaran tersebut membuat mereka berusaha untuk selalu mencari jawaban atas segala permasalahan. 

Magic of Thinking Big

Buku The Magic of Thinking Big

Buku Magic of Thinking Big ini sangat pas jika kamu baru masuk dalam dunia bisnis. Tulisan karya David Schwartz ini cocok dibaca ini berisi tentang dasar-dasar sebuah impian yang besar yang harus dipegang teguh oleh setiap pengusaha dalam menjalankan usahanya. The Magic of Thinking Big ini juga membahas tentang bagaimana cara agar tetap tegar saat menghadapi tantangan dan permasalahan saat kita menjalankan usaha.

Thee 4-Hour Workweek : Escape 9-5, Live Anywhere and Join The New Rich

Buku The 4 Hour Workweek

Buku ini merupakan buka yang sangar laris terjual di Amerika. Karya yang ditulis oleh Timothy Ferris ini berisikan tentang cara membangun perusahaan rintisan yang sukses. Penulis menceritakan tentang pengalamannya sendiri yang mendapatkan penghasilan USD 40.000 dengan bekerja 80 jam dalam satu minggu berhasil dia dapatkan hanya dalam waktu 4 jam. Proses ini berhasil dia capai hanya dalam waktu satu minggu.

Kiat Agribisnis Lele

Buku Kiat Agribisnis Lele

Buat kamu yang tertarik untuk berkecimpung dengan usaha perikanan terutama ikan konsumsi, buku ini sangat cocok untuk kamu baca. Terus meningkatnya kebutuhan pasokan ikan lele menuntut bertambahnya penyedia ikan lele. Hal ini tentunya merupakan peluang emas yang dapat membawa keuntungan yang melimpah. Dalam buku ini, kamu akan mempelajari seluk-beluk usaha ikan yang sering dijual di warung pecel lele ini.

Ayam Kampung Petelur

Buku Ayam Kampung Petelur

Sebagai ayam yang lebih dikenal akan produksi dagingnya, ternyata peluang usaha ayam kampung dijadikan petelur terbilang menjanjikan. Bagaimana tidak prospek, harga telur ayam kampung dari dahulu sampai sekarang selalu lebih tinggi dari pada telur ayam ras. Apalagi harganya terbilang stabil, tidak fluktuatif seperti telur ayam ras yang bisa berbeda harganya setiap dari hari ke hari. Melalui buku ini, kamu akan mempelajari beberapa cara beternak ayam kampung sebagai ayam petelur baik dari aspek bisnis maupun pengembangannya.

Nah, demikian beberapa rekomendasi tentang bisnis yang bagus dan dapat kamu pelajari sebagai bekal menjalankan usaha. Kamu bisa menyesuaikan buku yang ingin kamu baca sesuai dengan minat yang ingin kamu tekuni. Selamat belajar ya, Syoobers!